Kamis, 29 Desember 2011

Contoh Proposal

PANITIA PELAKSANA SEMINAR KEPERAWATAN
SENAT MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN SAWERIGADING
PEMDA LUWU

Sekretariat : Jl.K.H.M. Razak No. HP: 085257282946 Kota Palopo

PROPOSAL SEMINAR KEPERAWATAN


I. PENDAHULUAN

A. DASAR PEMIKIRAN.
Keperawatan adalah bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosial-spiritual yang komprehensif ditujukan pada individu, keluarga, dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia. Pelayanan keperawatan berupa bantuan yang diberikan dengan alasan kelemahan fisik, kelemahan mental, masalah psikososial, keterbatasan pengetahuan, ketidakmampuan dan ketidakmauan melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri akibat gangguan patofiologis. Dewasa ini bentuk pelayanan keperawatan lebih ditekankan pada pelayanan praktik keperawatan yang profesional. Ada 4 karakteristik esensial dalam mewujudkan pelayanan keperawatan yang profesional yaitu, 1) Berdasarkan Ilmu Keperawatan yang Kokoh, 2) Berorientasi pada Pelayanan yang Berkualitas, 3) Mempunyai Kode Etik, dan 4) Menunjukan Otonomi Profesi.
Untuk meningkatkan pelayanan keperawatan yang profesional maka prtlu dilakukan beberapa langkah yaitu, Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga perawat, Meningkatkan derajat kesejahteraan tenaga perawat, dan Memberikan kesempatan kepada tenaga perawat untuk berkarya. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga perawat perlu dilakukan kegiatan yang bersifat Ilmiah dan Pelatihan keterampilan. Salah satunya adalah mengikuti Seminar Keperawatan. Kegiatan seminar keperawatan merupakan kegiatan bersifat Ilmiah.
Kegiatan Seminar Keperawatan ini merupakan salah satu program Senat Mahasiswa Akper Sawerigading Pemda Luwu dan baru pertama kali ini diadakan. Kegiatan ini juga sangat bermanfaat demi tergagasnya suatu konsep baru dalam dunia keperawatan secara umum dan dunia kesehatan secara khusus.

B. TUJUAN.
Tujuan diadakannya Seminar Keperawatan ini yaitu ada dua;
1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari pelaksanaan seminar ini adalah membina tenaga perawat untuk meningkatkan keterampilan dalam menerapkan pelayanan keperawatan yang profesional.
2. Tujuan Khusus
Tujuan Khususnya adalah:
• Meningkatkan silahturahmi antara sesama perawat
• Meningkatkan pengetahuan perawat tentang perkembangan ilmu keperawatan
• Meningkatkan kinerja dalam pelayanan keperawatan

II. ISI.

A. NAMA KEGIATAN.
Nama kegiatan ini adalah Seminar Keperawatan dengan tema ”Membangun Paradigma Baru Menuju Kemandirian Profesi Keperawatan”

B. MATERI DAN PEMATERI.
Adapun materi yang akan di bawakan dalam seminar ini adalah:
1. Kemitraan dan Kolaborasi Perawat-Dokter
2. Peranan Organisasi dari Profesi Keperawatan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perawat
3. Kompetensi Perawat ciri Millenium

Dan pemateri yang akan membawakan materi di atas adalah:
1. Yulianus Ake, S.Kep, M.Kep
2. Ketua PPNI Prov. Sul-Sel
3. Sriwahyuni, S.Kep

C. PESERTA.
Peserta yang akan mengikuti yang seminar ini adalah tenaga perawat dan calon perawat (mahasiswa keperawatan), dengan jumlah 200 orang.

D. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN.
Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan pada hari Senin, tangga 23 Juni 2010. Bertempat di Aula Akper Sawerigading Pemda Luwu dengan alamat Jl.K.H.M. Razak

E. PANITIA PELAKSANA.
Adapun panitia yang terlibat dalam acara ini adalah Mahasiswa Akper Sawerigading Pemda Luwu di bawah kontrol Senat Mahasiswa. (susunan panitia terlampir).

F. SUMBER DANA
Sumber dana dari kegiatan ini adalah:
1. Institusi Akper Sawerigading Pemda Luwu.
2. Pemerintah Kabupaten Luwu.
3. DPRD Kabupaten Luwu
4. Pemerintah Kota Palopo.
5. Bank Sulsel.
6. PT. Panply
7. Kas Senat Mahasiswa Akper Sawerigading Pemda Luwu.
8. Donatur-donatur.
9. Konstribusi Peserta


III. PENUTUP.
Mengingat bahwa peran tenaga perawat sebagai penyedia jasa kesehatan, maka sangat diperlukan perawat yang memiliki keterampilan dan keahlian yang sifatnya sebagai tenaga yang profesional. Oleh karena itu sangat diperlukan pelatihan dan pembinaan dalam meningkatkan profesionalisme seorang perawat. Maka itu tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan dan kinerja perawat dalam pelayanan kesehatan.
Demikianlah proposal ini kami buat, dengan harapan harapan bahwa Bapak/Ibu/Saudara(i) dapat mendukung terlaksananya kegiatan ini dalam bentuk dana, sehingga acara ini dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melimpahkan rezki dan rahmatnya bagi Bapak/Ibu/Saudara(i). Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi sekretariat panitia seminar keperawatan.

Palopo, 29 April 2010
Panitia Pelaksana Seminar Keperawatan




Hardianto, Dg. S, SKM. Mujirah Ayu Lestari
Bag. Kemahasiswaan Ketua Panitia

Menyetujui,
DIREKTUR
AKPER SAWERIGADING PEMDA LUWU




Hj. Mahriani Mahmud, S.ST
Lektor Kepala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ich, mein bruder, meine schwester, und mein vetter

Ich, mein bruder, meine schwester, und mein vetter

Google